Empat hal yang memengaruhi kesehatan anjing Anda

Kebanyakan pemilik anjing menganggap anjing mereka sebagai salah satu anggota keluarga. Kami ingin melakukan segala cara untuk menjaga anjing kami sehat dan bahagia. Belajar tentang kesehatan anjing penting bagi semua pemilik anjing – anjing yang sehat adalah anjing yang lebih baik dan menawarkan lebih banyak kesenangan. Berikut adalah beberapa tips tentang kesehatan anjing yang dapat membantu menjaga anjing Anda dalam kondisi prima.

Nutrisi yang baik

Kesehatan yang baik dimulai dengan makanan anjing. Memberi makan anjing Anda makanan berkualitas tinggi yang mengandung nutrisi yang tepat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan anjing Anda. Makanan berkualitas buruk, di sisi lain, dapat berkontribusi pada penurunan kesehatan hewan peliharaan Anda. Makanan anjing yang murah penuh dengan biji-bijian yang terlalu matang sehingga anjing Anda dapat mencernanya. Makanan semacam ini tidak terlalu bergizi, sehingga perlu dilengkapi dengan vitamin dan mineral.

Anjing adalah karnivora, jadi mereka membutuhkan banyak daging. Anda juga dapat memberi mereka sayuran dan sejumlah makanan anjing berdasarkan biji-bijian, tetapi sebagian besar makanan mereka harus daging – daging berkualitas tinggi. Produsen pakan dapat menggunakan daging dari hewan yang sakit atau cacat – semua daging yang "tidak layak untuk dikonsumsi manusia". Daging jenis ini digunakan dalam makanan anjing termurah, jadi ada baiknya membeli makanan terbaik yang Anda mampu.

Mendapatkan aktivitas fisik yang cukup

Langkah berikutnya dalam menjaga kesehatan anjing adalah latihan fisik. Seperti manusia, anjing membutuhkan aktivitas fisik yang cukup untuk tetap dalam kondisi prima. Salah satu keuntungan besar dari kepemilikan anjing adalah Anda dapat melakukan latihan bersama – berjalan dua kali sehari dengan Rover adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan mendapatkan udara segar.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan anjing adalah mencegahnya menjadi kelebihan berat badan. Banyak pemilik memberi anjing mereka terlalu banyak makanan dan tidak cukup berolahraga. Anjing yang kelebihan berat badan rentan terhadap semua jenis masalah kesehatan dan memiliki rentang hidup yang lebih pendek daripada anjing yang ramping.

Mencegah obesitas pada anjing Anda sederhana – jangan memberinya terlalu banyak makanan dan memberinya cukup aktivitas fisik. Tagihan dokter hewan Anda akan jatuh dan anjing Anda akan lebih bahagia.

Pencegahan penyakit umum

Bahkan dengan perawatan terbaik, anjing Anda masih bisa sakit. Berikut adalah empat penyakit anjing yang paling umum dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya.

Distemper adalah penyakit virus mematikan. Anjing dapat menangkapnya dari anjing lain melalui kontak dengan air liur, air kencing dan kotoran. Gejala berupa pilek, batuk, bersin, diare dan kurang nafsu makan. Jika Anda memperhatikan gejala-gejala ini, terutama pada anak anjing, Anda harus segera membawa anjing Anda ke dokter hewan. Semakin lama Anda menunggu perawatan, semakin kecil kemungkinan anjing Anda akan bertahan hidup. Ada vaksin untuk distemper yang melindungi anjing Anda dan diberikan setahun sekali.

Rabies adalah penyakit serius yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Biasanya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi dengan gejala yang muncul antara 30 dan 60 hari setelah terpapar. Anjing rabinik dapat bermusuhan dan berbahaya untuk ditangani. Anjing dapat dilindungi terhadap rabies dengan vaksinasi tahunan.

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri dan mempengaruhi ginjal dan hati. Gejala-gejalanya adalah muntah, kehilangan nafsu makan, pilek, kekakuan dan perubahan dalam usus dan kebiasaan buang air kecil. Anjing dengan leptospirosis dapat menginfeksi orang. Ada vaksin melawan penyakit ini, dan jika anjing Anda memiliki gejala-gejala ini, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.

Hepatitis canine adalah penyakit umum lain yang mempengaruhi kesehatan anjing. Ini adalah penyakit virus yang menyebar melalui kontak dengan air liur atau air seni dari anjing yang terinfeksi. Hepatitis memiliki gejala yang mirip dengan distemper karena penambahan suhu tinggi dan tinja berdarah. Bawa anjing Anda ke dokter hewan jika ia memiliki gejala.

Hepatitis canine serta semua penyakit yang disebutkan di sini dapat didahului dengan vaksinasi tahunan. Penting bagi kesehatan anjing untuk mengunjungi dokter hewan Anda secara teratur dan untuk menjaga vaksin.

Parasit internal

Banyak anjing terinfeksi parasit internal pada suatu saat dalam hidup mereka. Parasit internal umumnya dikenal sebagai cacing dan tersedia dalam banyak spesies. Cacing gelang dapat hidup di hati, jantung dan paru-paru anjing Anda. Mereka menemukan jalan mereka ke usus di mana mereka makan makanan anjing. Anjing Anda akan menunjukkan rasa lapar yang terus-menerus, diare dan kembung dengan gas.

Cacing tambang adalah parasit umum lainnya. Ini sangat kecil, tetapi biasanya ditemukan dalam jumlah besar. Mereka dapat mengkonsumsi darah anjing Anda dan menyebabkan anemia. Gejala infeksi cacing tambang adalah diare, gas dan penurunan berat badan.

Infeksi cacing dapat diobati dan dapat dijelaskan dengan mudah. Seperti semua hal yang berkaitan dengan kesehatan anjing, jika anjing Anda terlihat sakit atau tidak nyaman, Anda harus membawanya ke dokter hewan sesegera mungkin.

Dengan menangani bidang kesehatan anjing ini, Anda dapat yakin bahwa Anda akan memiliki anjing yang sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.



Source by Jane Kraynyk